Tuesday, May 18, 2010

Belimbing Manis (2)

Jaga Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah sejenis senyawa sterol (gabungan antara senyawa steroid dengan alkohol) dan lemak yang ditemukan dalam membran sel di semua jaringan tubuh. Kolesterol secara normal diproduksi dalam tubuh dan mempunyai banyak fungsi penting.
Fungsi-fungsi kolesterol antara lain membuat membran sel mempunyai derajat kekentalan tertentu,sehingga dapat bertahan pada berbagai rentang suhu,berfungsi sebagai antioksidan,membantu metabolisme vitamin-vitamin yang larut dalam lemak (vitamin A,D,E dan K)
Selain itu merupakan prekusor dalam pembentukan vitamin D dan hormon-hormon steroid (termasuk di dalamnya hormon progesteron,estrogen dan testosteron). Dalam tubuh,kolesterol ditransportasikan melalui plasma darah dengan cara berikatan dengan protein. Ikatan ini disebut lipoprotein.
Ada dua jenis lipoprotein. Pertama,Low Density Lipoprotein (LDL,bertugas mengirimkan kolesterol kedalam jaringan-jaringan tubuh yang memerlukan. Kedua,High Density Lipoprotein (HDL) bertugas untuk mengambil kelebihan kolesterol dalam tubuh.
Dalam kadar yang normal,kolesterol sangatlah membantu tubuh kita untuk menjaga dalam kondisi sehat. Permasalahan terjadi apabila kadarnya menjadi tidak seimbang dan berlebihan. Keadaan ini dapat terjadi karena kegemukan,merokok,minum alkohol,gagal hati,diabetes dan hipertensi.
Seperti banyak penyakit yang terjadi,hiperkolesterolimia (kelebihan kolesterol) dapat diatasi dengan melakukan perubahan gaya hidup. Misalnya berhenti merokok,berhenti minum minuman beralkohol,olah raga teratur dan makan makanan dengan komposisi yang baik.
Belimbing manis bermanfaat bagi kesehatan termasuk untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dikarenakan belimbing manis mengandung pektin,natrium,kalium,vitamin C,vitamin B2,fosfor,serat dan zat besi.
Ada tips herbal untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah,yakni sediakan buah belimbing manis yang sudah masak secukupnya. Cuci bersih,lalu dibuat jus atau minuman segar dengan cara diblender. Atau belimbing manis yang sudah masak langsung disantap sebagai buah pencuci mulut.

No comments: